Perubahan pada UUD1945 versi baru

Sebenarnya sih bagusnya nulis pake bahasa Inggris, tapi ya kok tiba-tiba males banget ya.. jadi nulisnya pake Bahasa Indonesia aja deh. Nah ceritanya tadi aku dengan teman baikku pergi ke KBRI Indonesia di Canberra. Ada acara yang namanya ‘sosialisasi UUD 1945’.

Dulu waktu aku masih jadi anak didikannya orde baru, aku inget banget kalau kita di sekolah pasti deh disuruh ngapalin pasal-pasal UUD1945. Apalagi waktu aku SD dulu aku selalu menawarkan diri untuk berpartisipasi dalam upacara bendera setiap hari Senin pagi. Tugasku biasanya ngebacain bagian Pembukaan dari UUD 1945 itu.

Sekarang ternyata yang namanya UUD 1945 itu sudah ganti isi walaupun kulitnya masih sama. Informasi ini aku dapetin dari para bapak-bapak dari DPR yang dipimpin oleh A.M. Fatwa dalam acara sosialisasi UUD 1945 ke beberapa negara persekutuan.

Kini UUD 1945 itu terdiri dari:
Pembukaan
21 Bab
73 Pasal
170 Ayat
3 Pasal aturan peralihan
2 Pasal aturan tambahan

Pada intinya ada tiga perubahan mendasar dalam UUD 1945 ini, yaitu:
1. Kedaulatan rakyat diakui secara rinci dan jelas.
Contohnya aja
* rakyat sekarang bisa mendirikan partai politik sejauh masih dalam norma aturan yang berlaku di masyarakat setempat.

2. Penegakan hukum dan HAM
* Lembaga Yudikatif berdiri sendiri
* Hakim Mahkamah Konstitusi terbuka untuk umum

3. Adanya otonomi daerah yang notabene perubahan dari sentralisasi ke desentralisasi.

One thought on “Perubahan pada UUD1945 versi baru

Leave a Reply

